Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

media pembelajaran sejarah



MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

1.Pengertian
Menurut Brigs (dalam Sadiman, 2002: 6) media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Jadi, media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim dan penerima  sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat pikiran, dan perasaan pembelajar (siswa) dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Media pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pembawa informasi dan pencegah terjadinya hambatan proses pembelajaran, sehingga informasi atau pesan dari komunikator dapat sampai kepada komunikan secara efektif dan efesien. Selain itu, media pembelajaran merupakan unsur atau komponen sistem pembelajaran maka media pembelajaran merupakan media integral dari pembelajaran.

2.Jenis-jenis Media Pembelajaran
a.  Peninggalan Sejarah
Ø  Pengertian
Dalam pembelajaran, peninggalan sejarah ini juga merupakan media yang tepat untuk menjelaskan kepada siswa. Dimana peninggaln sejarah ini sifatnya nyata dan bisa dibuktikan hingga sekarang. Jadi bisa dikatakan ini sebagai media belajar yang tidak dapt diproyeksikan.
Ø  Manfaat
Manfaat dari media pembelajaran dengan menggunakan peninggalan sejarah diantaranya adalah:
ü  Menambah kekayaan budaya bangsa kita.
ü  Menambah pendapatan negara melalui kegiatan wisata.
ü  Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati sekarang.
ü  Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
ü  Sangat membantu dalam bidang pendidikan.
ü  Dapat mempertebal rasa kebangsaan.
ü  Dapat memperkokoh rasa persatuan.
Ø  Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan:
a.  Dapat mengetahui benda aslinya
b.  Siswa lebih mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
c.  Memudahkan siswa untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah
Kekurangan:
a.  Tidak bisa dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
b.  Membutuhkan biaya untuk bisa melihatnya
c.  Tidak mampu mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
d.  Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan

b.  Ruang sejarah/ laboratorium
Ø  Pengertian
Umumnya laboratorium diartikan sebagai suatu tempat berupa ruangan yang dilengkapi dengan berbagai peralatan. Dalam arti luas diluar ruangan juga dapat berfungsi sebagai laboratorium. Dengan adanya objek yang akan diamati dan adanya fasilitas laboratorium merupakan tempat mengadakan percobaan dan penelitian.
Ø  Manfaat
Adapun manfaat Laboratorium dalam proses pendidikan diantaranya sebagai berikut :
ü Sebagai tempat untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain
ü Mengembangkan ketrampilan motorik siswa, siswa akan bertambah ketrampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran
ü Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan
ü Memberi rasa percaya diri sebagai akibat ketrampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya
Ø  Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
a.   Peserta didik dapat berganti situasi baru
b.   Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c.   Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia

Kekurangan:
a.   Peserta didik yang kurang suka dengan belajar model ini merasa kurang mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan
b.   Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c.   Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium

C. Model/Tiruan
Ø  Pengertian
 Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya. Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realita. Misal untuk mempelajari sistem gerak, pencernaan, pernafasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf pada hewan.

Ø  Manfaat
ü  Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
ü  Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
ü  Digunakan agar mempermudah melihat benda-benda atau peninggalan peninggalan tanpa perlu jauh-jauh ke lokasi aslinya.
ü  Digunakan untuk mempermurah biaya
ü  Meningkatkan motivasi siswa belajar karena peraga dapat merangsang tumbuhnya perhatian serta mengembangkan keterampilan
ü  Peraga dapat memfokuskan perhatian siswa, pendidik dapat menggunakan peraga dengan melihat benda yang sesungguhnya di luar kelas atau dalam kelas
ü  Menyajikan pembelajaran dengan memanfaatkan kehidupan nyata dalam rangka meningkatkan daya antusias siswa terhadap materi pelajaran
ü  Alat peraga pembelajaran dapat mengubah guru sebagai transmisi yang berfungsi sebagai penghantar menjadi fasilitator, peraga membuat siswa lebih aktif.
ü  Membuat seluruh momen dalam kelas hidup dan berubah dari waktu ke waktu, pendidikan dapat membangun pertanyaan dengan dukungan alat yang ada di tangan
ü  Alat peraga langsung membuat siswa menjadi lebih aktif berpikir dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis karena siswa tidak sekedar mengingat dan mendengarkan, namun mengembangkan pikirannya dengan fakta.

Ø  Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
a.  Sudah bisa mewakili benda aslinya
b.  Siswa mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah melalui apa yang dilihatnya (model/ miniatur tersebut)
c.  Bisa dibawa dan dimasukkan kedalam kelas, bisa dibawa kemana-mana

Kekurangan:
a.      Tidak bisa disamakan persis dengan benda aslinya
b.      Detil objek tidak dapat diketahui
c.       Sulit membayangkan secara tepat ukuran sesungguhnya

d.      Media Grafis
Ø  Pengertian
Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual. Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal,  selain itu juga untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Selain itu, grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan mudah diingat orang.
Macam-macam media grafis antara lain :
a. Diagram
Diagram adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbal balik berupa garis-garis diagram yang sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan.
b. Grafik
Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistik yang saling berhubungan.
c. Poster
Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang sedang melintas.
d. Kartun
Kartun digambarkan dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat.
e. Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca.
f. Gambar
Media grafis paling umum digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena merupakan bahasa yang umum dan mudah dimengerti oleh peserta didik.
g. Bagan
Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya.
Karakteristik media dapat dilihat menurut kemampuan membangkitkan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan, maupun penciuman atau kesuaiannya dengan tingkatan hierarki belajar. Untuk tujuan praktis, karakteristik beberapa jenis media lazim digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Ø  Manfaat
Adapun manfaat media grafis diantaranya :
a.menerjemahkan symbol verbal
b. mengkonkritkan dan memperbaiki kesan-kesan yang salah dari ilustrasi lisan.
c.memberikan ilustrasi suatu buku, dan
d. membangkitkan motivasi belajar dan menghidupkan suasana kelas.
Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Media grafis berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Saluran yang dipakain menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan dismapaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual.
Ø  Kekurangan dan Kelebihan
Kelebihan:
a.  Peserta didik dapat dengan mudah mengetahui lokasi-lokasi sejarah,
b.  Bisa gunakan skala yang kita mau
c.  Mudah dibawa
d.  Mudah dibaca, memuat secara umum dan juga bisa dibuat peta yang spesifik komoditas.
e.  Siswa dapat dengan mudah mengetahui kronologis suatu peristiwa sejarah
f.  Ringkas

Kekurangan:
a.  Tidak semua orang pandai membuat peta
b.  Untuk peta besar penyimpanannya memakan ruangan Peserta didik
c.  Tidak semua siswa dapat mengerti dan membaca peta dan bagan
d.  Pesan dan materi dalam peta dan bagan terlalu singkat dan bahkan tidak ada
keterangan detilnya.

e. Media Cetak
Ø  Pengertian
Dalam media cetak seperti buku teks, modul, buku petunjuk, lembar lepas, lembar kerja , dan sebagainya pada umumnya berisi materi pembelajaran yang dapat diakses dan dibaca oleh siswa langkah demi langkah sesuai dengan yang diinginkan. Untuk media yang berupa buku teks biasanya dilengkapi uraian materi, contoh soal, dan latihan soal.Berbeda dengan buku, modul umumnya dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, uraian materi, latihan soal, dan tes formatif, yang digunakan sebagai umpan balik untuk mengetahui seberapa besar materi dalam setiap kegitan dapat dikuasai oleh siswa.
Ø  Manfaat
Adapun manfaat media cetak diantaranya :
a. Sebagai media informasi yang mencerahkan.
b. Sebagai media pendidikan yang mencerdaskan.
c. Meningkatkan intelektual kehidupan masyarakat.
d. Membantu memperkuat kesatuan nasional.

Ø  Kelebihan dan Kekurangan
Media cetak memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
ü  Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing.
ü   Siswa dapat mempelajari materi dalam media cetak secara berulang-ulang. Khusu untuk media cetak berupa modul, melalui tes normatif siswa dapat mengetahui tingkat penguasaan materi pembelajaran yang disajikan pada modul tersebut
ü   Dapat dicetak ulang atau direvis sesuia dengan garis besar program pembelajaran yang baru.
 Kekurangannya antara lain:
ü Tidak dapat menyajikan gerak dalam media cetak
ü Uraian yang terlalu panjang dalam setiap pokok bahasan dapat membosankan para pembacanya
ü Pembahasannya lebih mengarah pada kognitif

f.      Media Proyeksi
Ø  Pengertian
1.Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati, sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP). Teknik pembuatan media transparansi, yaitu:
- Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu
- Membuat sendiri secara manual

2. Film bingkai / slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide.

Ø  Manfaat
Adapun manfaatnya diantaranya (film) :
a.  Film dan video dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, praktik, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti cara kerja jantung ketika berdenyut
b.  Film dan video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu.
c.  Disamping mendorong dan meningkatkan motivasi, film dan video menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya.
d.  Film dan video yang mengandung nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa.
e.  Film dan video dapat menyajikan eristiwa yang berbahya bila dilihat secara langsung;
f.  Film dan video dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan.
g.   Dengan kemampuan dan teknik pengambilan gambar, frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan satu atau dua menit.

Ø  Kekurangan dan Kelebihan
Kelebihan:
a.  Mudah dioperasikan
b.    Tidak perlu mengubah cahaya lampu
c.    Hemat waktu
d.    Dapat digunakan kembali
e.    Kemampuan menggantikan papan tulis
f.    Bebas polusi
g.    Dapat menjangkau kelompok yang besar.
h.    Mempermudah siswa mencerna materi
Kekurangan:
a.    Tidak adanya audio
b.    Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televisi atau film
c.    Biaya pembuatan film mahal
d.    Film tidak dapat mencapai semua tujuan pembelajaran
e.    Memerlukan rungan gelap
f.    Proyeksi (slide, OHP) biasanya hanya rangkuman dari materi


g.         Media audio visual
Ø  Pengertian
 Media Audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
bentuk media audio visual yang dapat diklasifikasikan menjadi delapan kelas yaitu:
a.   Media audio visual gerak contoh, televisi, video tape, film dan media audio pada umumnaya seperti kaset program, piringan, dan sebagainya.
b.   Media audio visual diam contoh, filmastip bersuara, slide bersuara, komik dengan suara.
c.    Media audio semi gerak contoh, telewriter, mose, dan media board.
d.      Media visual gerak contoh, film bisu
e.   Media visual diam contoh microfon, gambar, dan grafis,   peta globe, bagan, dan sebagainya
f.        Media seni gerak
g.      Media audio contoh, radio, telepon, tape, disk dan sebagainya
h.      Media cetak contoh, televise

Ø  Manfaat
Adapun manfaatnya :
   Media audio visual adalah media modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi), meliputi media yang dapat dilihat dan dapat di dengar. Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan gambar. Berikut jenis-jenis media audio visual.
a.    Audio visual diam, yaitu media yang menyampaikan pesan melalui benda diam yang dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera pengelihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak. Jenis media ini antara lain media sound slide (slide suara), film bingkai suara (sound slide), film rangkai suara, dan cetak suara.
b.    Audio visual gerak, yaitu media yang dapat menampilkan unsure-unsur dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video-cassette.
c.    Audio visual murni, yaitu baik unsure suara maupun unsure gambar berasal dari satu sumber seperti film video-cassette.
d.   Audio visual tidak murni, yaitu yang unsure suara dan unsure gambarnya berasal dari sumber yang berbeda, misalnya film bingkai suara yang unsure gambarnya bersumber dari tape recorder. Contoh lainnya adalah film strop suara dan cetak suara

Ø  Kelebihan dan Kekurangan
a.  Kelebihan:
TV Merupakan medium yang menarik, modern dan selalu siap di terima oleh anak anak karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar sekolah mereka
b.  Sifatnya langsung dan nyata
c.  Horizon kelas dapat diperlebar dengan TV
Kekurangan:
a.  Sifat komunikasinya hanya satu arah
b.  Jika akan dimanfaatkan di kelas, jadwal siaran dan jadwal pelajaran di sekolah sering kali sulit untuk disesuikan
c.  Program diluar kontrol guru
d.  Harga pesawat TV relatif mahal

h. Media Visual
Ø  Pengertian
           Media visual di dalam dunia pendidikan tentu kita mengenal media pembelajaran, media pembelajaran merupakan saluran atau jembatan dari pesan- pesan pembelajaran yang disampaikan oleh sumber pesan kepada penerima pesan.kemudian media dapat di bagi dalam berbagai macam,saah satuny adalah media visual. Media visual merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik serta tata dan letaknya jelas,sehingga peneria pesan dan gagasan dapat diterima sasaran.

Ø  Manfaat
a.  Manfaat media visual dalam pembelajaran sebagai berikut:
 Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda tergantung dari factor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak,seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong,dan sebagainya.media pembelajaran dapat mengatasi hal tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung yang dipelajari.maka obyeknyalah yang di bawa ke peserta didik. Obyek yang di mkasud bias dalam bentuk nyata, miniature,model, maupun bentuk gambar-gambaryang dapat disajikan secara audio visual dan audial.
b.  Media visual memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
c.  Media visual dapat menanamkan konsep dasar,yang benar ,konkrit dan realistiskan.
d.  Media visual membangkiktan .keinginan dan minat baru
e.  Media visual akan mengakibatkan perubahan efektif ,kognitif dan psikomotorik
f.  Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

Ø  Kekurangan dan kelebihan
Kelebihan media visual
a.  Repeatable, dapat dibaca berkali-kali denga menyimpannya atau mengelipingnya.
b.  Analisa lebih tajam,dapat membuat orang benar-benr mengerti isi berita dengan analisa yng lebih mendalam dan dapt membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan

 Kekuranga media visual
a.          Lambat, dan kurang praktis
b.Tidak adanya udio, media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar .sehingga kurang mendetail materi yang disampaikan.
c.Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
d. Produksi, biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat. 



DAFTAR PUSTAKA

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar