MEDIA
PEMBELAJARAN SEJARAH
1.Pengertian
Menurut Brigs (dalam Sadiman, 2002: 6) media adalah
segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk
belajar. Jadi, media merupakan segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim dan
penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian
sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat
merangsang perhatian, minat pikiran, dan perasaan pembelajar (siswa) dalam
kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Media
pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pembawa
informasi dan pencegah terjadinya hambatan proses pembelajaran, sehingga
informasi atau pesan dari komunikator dapat sampai kepada komunikan secara
efektif dan efesien. Selain itu, media pembelajaran merupakan unsur atau
komponen sistem pembelajaran maka media pembelajaran merupakan media integral
dari pembelajaran.
2.Jenis-jenis Media Pembelajaran
a. Peninggalan Sejarah
Ø Pengertian
Dalam pembelajaran, peninggalan sejarah ini juga
merupakan media yang tepat untuk menjelaskan kepada siswa. Dimana peninggaln
sejarah ini sifatnya nyata dan bisa dibuktikan hingga sekarang. Jadi bisa
dikatakan ini sebagai media belajar yang tidak dapt diproyeksikan.
Ø Manfaat
Manfaat dari media pembelajaran dengan menggunakan
peninggalan sejarah diantaranya adalah:
ü Menambah
kekayaan budaya bangsa kita.
ü Menambah
pendapatan negara melalui kegiatan wisata.
ü Sebagai bukti
nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati sekarang.
ü Dapat menambah
wawasan dan pengetahuan.
ü Sangat membantu
dalam bidang pendidikan.
ü Dapat
mempertebal rasa kebangsaan.
ü Dapat
memperkokoh rasa persatuan.
Ø Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan:
a. Dapat mengetahui
benda aslinya
b. Siswa lebih
mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
c. Memudahkan siswa
untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah
Kekurangan:
a. Tidak bisa
dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
b. Membutuhkan
biaya untuk bisa melihatnya
c. Tidak mampu
mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
d. Keutuhan dan
keasliannya tergantung perawatan
b.
Ruang sejarah/
laboratorium
Ø Pengertian
Umumnya
laboratorium diartikan sebagai suatu tempat berupa ruangan yang dilengkapi
dengan berbagai peralatan. Dalam arti luas diluar ruangan juga dapat berfungsi
sebagai laboratorium. Dengan adanya objek yang akan diamati dan adanya
fasilitas laboratorium merupakan tempat mengadakan percobaan dan penelitian.
Ø Manfaat
Adapun manfaat Laboratorium dalam proses pendidikan
diantaranya sebagai berikut :
ü Sebagai tempat untuk melatih mengembangkan ketrampilan
intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala
lain
ü Mengembangkan ketrampilan motorik siswa, siswa akan
bertambah ketrampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia
untuk mencari dan menemukan kebenaran
ü Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah
seorang ilmuwan
ü Memberi rasa percaya diri sebagai akibat ketrampilan dan
pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya
Ø Kelebihan
dan Kekurangan
Kelebihan:
a. Peserta didik
dapat berganti situasi baru
b. Situasi
pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c. Peserta didik
dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk
mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan:
a.
Peserta didik yang kurang suka dengan belajar model ini
merasa kurang mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan
b.
Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c.
Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena
memerlukan alat lain yang ada di laboratorium
C. Model/Tiruan
Ø Pengertian
Model
adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau
pengganti dari benda yang sesungguhnya. Penggunaan model untuk mengatasi
kendala tertentu sebagai pengganti realita. Misal untuk mempelajari sistem
gerak, pencernaan, pernafasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf
pada hewan.
Ø Manfaat
ü Digunakan untuk
mempermudah proses pembelajaran
ü Digunakan agar
kegiatan pembelajaran lebih menarik
ü Digunakan agar
mempermudah melihat benda-benda atau peninggalan peninggalan tanpa perlu
jauh-jauh ke lokasi aslinya.
ü Digunakan untuk
mempermurah biaya
ü Meningkatkan
motivasi siswa belajar karena peraga dapat merangsang tumbuhnya perhatian serta
mengembangkan keterampilan
ü Peraga dapat
memfokuskan perhatian siswa, pendidik dapat menggunakan peraga dengan melihat benda
yang sesungguhnya di luar kelas atau dalam kelas
ü Menyajikan
pembelajaran dengan memanfaatkan kehidupan nyata dalam rangka meningkatkan daya
antusias siswa terhadap materi pelajaran
ü Alat peraga
pembelajaran dapat mengubah guru sebagai transmisi yang berfungsi sebagai
penghantar menjadi fasilitator, peraga membuat siswa lebih aktif.
ü Membuat seluruh
momen dalam kelas hidup dan berubah dari waktu ke waktu, pendidikan dapat
membangun pertanyaan dengan dukungan alat yang ada di tangan
ü Alat peraga
langsung membuat siswa menjadi lebih aktif berpikir dan mengembangkan kemampuan
berpikir kritis karena siswa tidak sekedar mengingat dan mendengarkan, namun
mengembangkan pikirannya dengan fakta.
Ø Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
a. Sudah bisa
mewakili benda aslinya
b. Siswa mudah
mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah melalui apa yang dilihatnya (model/
miniatur tersebut)
c. Bisa dibawa dan
dimasukkan kedalam kelas, bisa dibawa kemana-mana
Kekurangan:
a.
Tidak bisa disamakan persis dengan benda aslinya
b.
Detil objek tidak dapat diketahui
c.
Sulit membayangkan secara tepat ukuran sesungguhnya
d.
Media Grafis
Ø Pengertian
Media
grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol
visual. Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran,
dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya
dilakukan melalui penjelasan verbal,
selain itu juga untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Saluran
yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampaikan
dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Selain itu, grafis
biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan
mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan mudah diingat orang.
Macam-macam
media grafis antara lain :
a. Diagram
Diagram
adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbal
balik berupa garis-garis diagram yang sangat sederhana yakni hanya
bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan.
b. Grafik
Grafik
adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan
informasi statistik yang saling berhubungan.
c. Poster
Poster
merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud
untuk menangkap perhatian orang yang sedang melintas.
d. Kartun
Kartun
digambarkan dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau
situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat.
e. Komik
Komik
merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu
berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk
memberikan hiburan pada pembaca.
f. Gambar
Media
grafis paling umum digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena merupakan
bahasa yang umum dan mudah dimengerti oleh peserta didik.
g. Bagan
Bagan
merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan-keterangan,
daftar-daftar dan sebagainya.
Karakteristik
media dapat dilihat menurut kemampuan membangkitkan rangsangan indera
penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan, maupun penciuman atau
kesuaiannya dengan tingkatan hierarki belajar. Untuk tujuan praktis,
karakteristik beberapa jenis media lazim digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar.
Ø Manfaat
Adapun manfaat
media grafis diantaranya :
a.menerjemahkan symbol verbal
b. mengkonkritkan dan memperbaiki
kesan-kesan yang salah dari ilustrasi lisan.
c.memberikan ilustrasi suatu buku, dan
d. membangkitkan motivasi belajar dan
menghidupkan suasana kelas.
Fungsi dari
media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan
mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya
dilakukan melalui penjelasan verbal. Media grafis berfungsi menyalurkan pesan
dari sumber ke penerima. Saluran yang dipakain menyangkut indera penglihatan.
Pesan yang akan dismapaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi
visual.
Ø Kekurangan dan Kelebihan
Kelebihan:
a. Peserta didik
dapat dengan mudah mengetahui lokasi-lokasi sejarah,
b. Bisa gunakan
skala yang kita mau
c. Mudah dibawa
d. Mudah dibaca,
memuat secara umum dan juga bisa dibuat peta yang spesifik komoditas.
e. Siswa dapat
dengan mudah mengetahui kronologis suatu peristiwa sejarah
f. Ringkas
Kekurangan:
a. Tidak semua
orang pandai membuat peta
b. Untuk peta besar
penyimpanannya memakan ruangan Peserta didik
c. Tidak semua siswa
dapat mengerti dan membaca peta dan bagan
d. Pesan dan materi
dalam peta dan bagan terlalu singkat dan bahkan tidak ada
keterangan detilnya.
e. Media Cetak
Ø Pengertian
Dalam media cetak seperti buku teks, modul,
buku petunjuk, lembar lepas, lembar kerja , dan sebagainya pada umumnya berisi
materi pembelajaran yang dapat diakses dan dibaca oleh siswa langkah demi
langkah sesuai dengan yang diinginkan. Untuk media yang berupa buku teks
biasanya dilengkapi uraian materi, contoh soal, dan latihan soal.Berbeda dengan
buku, modul umumnya dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai,
uraian materi, latihan soal, dan tes formatif, yang digunakan sebagai umpan
balik untuk mengetahui seberapa besar materi dalam setiap kegitan dapat
dikuasai oleh siswa.
Ø Manfaat
Adapun manfaat
media cetak diantaranya :
a. Sebagai media
informasi yang mencerahkan.
b. Sebagai media
pendidikan yang mencerdaskan.
c. Meningkatkan
intelektual kehidupan masyarakat.
d. Membantu
memperkuat kesatuan nasional.
Ø Kelebihan dan Kekurangan
Media cetak
memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
ü Siswa dapat
belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing.
ü Siswa dapat mempelajari materi dalam
media cetak secara berulang-ulang. Khusu untuk media cetak berupa modul,
melalui tes normatif siswa dapat mengetahui tingkat penguasaan materi
pembelajaran yang disajikan pada modul tersebut
ü Dapat dicetak ulang atau direvis sesuia
dengan garis besar program pembelajaran yang baru.
Kekurangannya antara lain:
ü Tidak dapat
menyajikan gerak dalam media cetak
ü Uraian yang
terlalu panjang dalam setiap pokok bahasan dapat membosankan para pembacanya
ü Pembahasannya
lebih mengarah pada kognitif
f.
Media Proyeksi
Ø Pengertian
1.Transparansi
OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati, sebab tata letak ruang
kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus
membelakangi siswa). Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak
(Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP).
Teknik pembuatan media transparansi, yaitu:
- Mengambil
dari bahan cetak dengan teknik tertentu
- Membuat
sendiri secara manual
2. Film bingkai
/ slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai
2X2 inci. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama
lain. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas
visual yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi
dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan dibutuhkan
proyektor slide.
Ø Manfaat
Adapun
manfaatnya diantaranya (film) :
a. Film dan video dapat melengkapi
pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, praktik,
dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat
menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti cara kerja
jantung ketika berdenyut
b. Film dan video dapat menggambarkan
suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika
dipandang perlu.
c. Disamping mendorong dan
meningkatkan motivasi, film dan video menanamkan sikap dan segi-segi afektif
lainnya.
d. Film dan video yang mengandung
nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok
siswa.
e. Film dan video dapat menyajikan
eristiwa yang berbahya bila dilihat secara langsung;
f. Film dan video dapat ditunjukkan
kepada kelompok besar atau kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan.
g. Dengan kemampuan dan teknik pengambilan
gambar, frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan waktu satu
minggu dapat ditampilkan satu atau dua menit.
Ø Kekurangan dan Kelebihan
Kelebihan:
a. Mudah dioperasikan
a. Mudah dioperasikan
b.
Tidak perlu mengubah cahaya lampu
c.
Hemat waktu
d.
Dapat digunakan kembali
e.
Kemampuan menggantikan papan tulis
f.
Bebas polusi
g.
Dapat menjangkau kelompok yang besar.
h.
Mempermudah siswa mencerna materi
Kekurangan:
a. Tidak adanya audio
a. Tidak adanya audio
b.
Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya
tidak sekuat dengan televisi atau film
c.
Biaya pembuatan film mahal
d.
Film tidak dapat mencapai semua tujuan pembelajaran
e.
Memerlukan rungan gelap
f.
Proyeksi (slide, OHP) biasanya hanya rangkuman dari materi
g.
Media audio visual
Ø Pengertian
Media Audio visual
adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya
melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat
siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
a.
Media audio visual gerak contoh, televisi, video tape,
film dan media audio pada umumnaya seperti kaset program, piringan, dan
sebagainya.
b. Media audio
visual diam contoh, filmastip bersuara, slide bersuara, komik dengan suara.
c.
Media audio semi gerak contoh, telewriter, mose, dan
media board.
d.
Media visual gerak contoh, film bisu
e.
Media visual diam contoh microfon, gambar, dan grafis, peta globe, bagan, dan sebagainya
f.
Media seni gerak
g.
Media audio contoh, radio, telepon, tape, disk dan
sebagainya
h.
Media cetak contoh, televise
Ø
Manfaat
Adapun manfaatnya :
Media audio visual adalah
media modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi), meliputi media yang dapat dilihat dan dapat di dengar. Media
audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan gambar. Berikut
jenis-jenis media audio visual.
a. Audio visual diam, yaitu media yang
menyampaikan pesan melalui benda diam yang dapat diterima oleh indera
pendengaran dan indera pengelihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya
adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak. Jenis media ini antara
lain media sound slide (slide suara), film bingkai suara (sound slide),
film rangkai suara, dan cetak suara.
b. Audio visual gerak, yaitu media yang
dapat menampilkan unsure-unsur dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video-cassette.
c. Audio visual murni, yaitu baik unsure
suara maupun unsure gambar berasal dari satu sumber seperti film
video-cassette.
d. Audio visual tidak murni, yaitu yang unsure
suara dan unsure gambarnya berasal dari sumber yang berbeda, misalnya film
bingkai suara yang unsure gambarnya bersumber dari tape recorder. Contoh
lainnya adalah film strop suara dan cetak suara
Ø Kelebihan dan Kekurangan
a. Kelebihan:
TV Merupakan medium yang menarik, modern dan selalu siap di terima oleh anak anak karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar sekolah mereka
TV Merupakan medium yang menarik, modern dan selalu siap di terima oleh anak anak karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar sekolah mereka
b. Sifatnya
langsung dan nyata
c. Horizon kelas
dapat diperlebar dengan TV
Kekurangan:
a. Sifat komunikasinya
hanya satu arah
b. Jika akan
dimanfaatkan di kelas, jadwal siaran dan jadwal pelajaran di sekolah sering
kali sulit untuk disesuikan
c. Program diluar
kontrol guru
d. Harga pesawat TV
relatif mahal
h. Media Visual
Ø Pengertian
Media
visual di dalam dunia pendidikan tentu kita mengenal media pembelajaran, media
pembelajaran merupakan saluran atau jembatan dari pesan- pesan pembelajaran
yang disampaikan oleh sumber pesan kepada penerima pesan.kemudian media dapat
di bagi dalam berbagai macam,saah satuny adalah media visual. Media visual
merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana
menampilkan gambar, grafik serta tata dan letaknya jelas,sehingga peneria pesan
dan gagasan dapat diterima sasaran.
Ø Manfaat
a. Manfaat media
visual dalam pembelajaran sebagai berikut:
Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda tergantung dari factor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak,seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong,dan sebagainya.media pembelajaran dapat mengatasi hal tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung yang dipelajari.maka obyeknyalah yang di bawa ke peserta didik. Obyek yang di mkasud bias dalam bentuk nyata, miniature,model, maupun bentuk gambar-gambaryang dapat disajikan secara audio visual dan audial.
Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda tergantung dari factor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak,seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong,dan sebagainya.media pembelajaran dapat mengatasi hal tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung yang dipelajari.maka obyeknyalah yang di bawa ke peserta didik. Obyek yang di mkasud bias dalam bentuk nyata, miniature,model, maupun bentuk gambar-gambaryang dapat disajikan secara audio visual dan audial.
b. Media visual
memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan
lingkungannya.
c. Media visual
dapat menanamkan konsep dasar,yang benar ,konkrit dan realistiskan.
d. Media visual
membangkiktan .keinginan dan minat baru
e. Media visual akan
mengakibatkan perubahan efektif ,kognitif dan psikomotorik
f. Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa.
Ø Kekurangan dan kelebihan
Kelebihan media
visual
a. Repeatable,
dapat dibaca berkali-kali denga menyimpannya atau mengelipingnya.
b. Analisa lebih
tajam,dapat membuat orang benar-benr mengerti isi berita dengan analisa yng
lebih mendalam dan dapt membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi
tulisan
Kekuranga media visual
a.
Lambat, dan kurang praktis
b.Tidak adanya udio, media visual hanya
berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar .sehingga kurang mendetail materi
yang disampaikan.
c.Visual yang terbatas, media ini hanya
dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
d. Produksi, biaya produksi cukup mahal
karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati
oleh masyarakat.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar